Minggu, 16 Oktober 2011

RAM

Macam-macam RAM

RAM

Random access memory, RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.
Pengertian lain : RAM (Random-Acces Memory) merupakan salah satu jenis memory internal yang menentukan kemampuan sebuah komputer. Memory internal (Internal Memory) bisa disebut juga memory utama (main memory) dan memory primer (primary memory). Komponen ini berfungsi sebagai pengingat.
Tipe RAM pada PC bermacam-macam, antara lain :


SD-RAM (Synchronous Dynamic RAM) 
adalah jenis RAM yang paling umum digunakan pada PC masa sekarang. RAM ini disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tanggi dari pada DRAM. Cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.








S-RAM (Statik RAM)
adalah jenis memory yang tidak perlu penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat didalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari pada DRAM.








DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM)


RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi dengan menggandakan kecepatan SD RAM, dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini. RAM jenis ini mengkonsumsi sedikit power listrik. Slot Memori untuk DDR SDRAM adalah 184 pin, bentuknya adalah RIMM,dan saat ini sudah berkembang jadi beberapa jenis lagi yaitu:



RD-RAM (Rambus Dynamic RAM) 

adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SD-RAM. Memory ini bisa digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium 4. EDO RAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memory yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium. Cocok untuk yang memiliki bus dengan kecepatan sampai 66 MHz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar